Foto by : Yayanouht |
Berbagai program di luncurkan oleh
Astra, mulai dari pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia yang terjung aktif
membawa Astra hingga seperti saat ini, perbaikan infrasrtuktur, ekspansi ke
berbagai pelosok tanah air, peningkatan kualitas dan kapasitas produk
perusahaan hingga penandatangan MOU kerjasama antar perusahaan dan lembaga
pemerintah.
Astra sejak berdirinya hingga
kini berkomitmen menjadi perusahaan multinasional dalam memajukan bangsa dan
negara melalui berbagai produk, program dan peningkatan mutu, layanan serta
pendalaman kualitas sumber daya manusia yang unggul. Hal itulah yang membuat Astra
tidak hanya dikenal sebagai perusahaan profit saja, tetapi disukai dan membawa
berkah bagi masyarakat, konsumen dan karyawan. Menjadi pujaan hati rakyat
Indonesia, tentu sebuah prestasi yang luar biasa bagi sebuah perusahaan profit.
Dengan slogan “To Continually Strive for
Excellence” Astra berkarya dengan inovasi dan kreatifitas yang unggul, Astra
meluncurkan berbagai produknya ke khalayak ramai, menghasilkan sebuah brand yang cukup dikenal di bumi
nusantara, hingga membuat siapa saja di akhir abad 19 pada bidang otomotif hanya
mengenal yang namanya Astra. Astra telah merajai pangsa asar dibidang otomotif
pada saat itu, Buktinya saja, keluaran Honda Supra X sejak tahun 1997 hingga
kini masih sangat sering ditemukan dipelosok tanah air.
Mulai saat itu, nama Astra tak
asing lagi bagi rakyat Indonesia. Mendengar namanya saja, maka orang akan
berpikiran tentang sebuah kendaraan yang telah melegenda sejak akhir abad ke-19
itu. Sehingga tak lazim lagi jika dijumpai banyak sesuatu hal diberbagai daerah
yang masih setia menggunakan produk PT. Astra International Tbk. Gambarannya
saja, diberbagai pelosok tanah air dengan segala keunikan dan keberagaman,
astra telah menjadi produk kesayangan rakyat dan menjadi tonggak dalam mempersatukan
bangsa dan negara melalui kebutuhan konsumen.
Berawal dari kecintaan produk
Astra, berbagai cerita, dinamika dan juga pengalaman menggunakan produk Astra serta
bantuan dan kepedulian sosial yang diberikan kepada masyarakat membuahkan hasil
yang begitu baik dalam karir perjalanan Astra hingga kini. Tidak hanya pada
tataran bantuan secara materil kepada mayarakat, namun lebih kepada investasi
yang begitu besar ditawarkan melalui program CSR perusahaan serta kinerja anak
perusahaan yang dimilikinya.
Program tersebut terakumulasi
dalam 4 pilar yaitu pendidikan, kewirausahaan, lingkungan dan kesehatan.
Program ini tidak hanya membantu masyarakat dalam dalam tahapan sementara saja,
namun program ini menawarkan investasi pencerdasan intelektual generasi bangsa
dalam jangka waktu yang tidak tentukan, sebab sebuah investasi tentang
perbaikan generasi bangsa kedepan adalah sesuatu yang tidak bisa diukur
terhadap dampak yang terjadi pada masyarakat.
Selain itu, testimoni masyarakat
Indonesia dalam menggunakan produk Astra sampai saat ini terbilang sangat
positif, mulai dari yang masih setia menggunakan motornya yang telah lama dan
kusam tetapi tetap sebagai tulang punggung keluarga, menggunakan produk astra
sebagai pacuan utama dalam berwirausaha, hingga bantuan pendidikan bagi mereka
yang kurang mampu dan berprestasi melalui program beasiswa.
Sedikit kroscek tentang apa yang
telah dilakukan Astra, banyaknya cerita tentang masa kelam hingga sukses
bermula dari mereka yang menggunkan produk Astra, seorang pedagang keliling,
penjual ikan dari lorong ke lorong, bapak guru yang menyusuri perkampungan
untuk mengajar tentu sangat terbantukan dengan produk lama yang melegenda dan
sangat sering kita jumpai yaitu Honda Supra X. Perjuangan UMKM (Usaha mikro,
kecil dan menengah) dalam meningkatkan usahanya, baik itu UMKM yang bergerak
pada bidang kuliner, fashion bahkan digital sangat terbantu dengan produk mobil
Hi-Max Pick Up yang didesain khusus
untuk membantu pelaku UMKM di perkotaan serta pelayanan finansial dari anak
perusahaan Astra International. Tidak hanya itu, bahkan dalam volume besarpun
tengah dijajaki oleh perusahaan otomotif ini, dalam kurung waktu tertentu
tengah membantu pembangunan infrastuktur negara, seperti tol di Mojokerto.
Ini menandakan sebuah perusahaan
yang tak pandang bulu, dari kepentingan individu konsumen, komunitas,
organisasi, perusahaan hingga kepentingan banyak orang. Astra telah memberikan banyak kontribusi, mulai dari hal terkecil
hingga sifatnya yang begitu besar, itu semua dilakukan demi kebaikan bersama
dan semuanya akan terus dilakukan selama tidak menyimpan dari visi dan misi
perusahaan.
Bagaimana tidak, setiap program maupun anak perusahaan yang luncurkan selalu menawarkan tentang solusi dari permasalahan negeri yang tengah porak-porandai (kata penyair), itu menandakan Astra berkomitmen untuk ikut andil dalam dalam membangun bangsa dan tanah air tercinta. Oleh karena itu, melalui Astra anak muda Indonesia dari segala penjuru tanah air dapat berkarya dan mewujudkan mimpi-mimpinya. Sebab menurut pandangan saya, Astra hadir tidak hanya sebagai perusahaan yang berafliasi pada keuntungan tetapi juga hadir sebagai teman sekaligus pemberi solusi dalm hal finansial anak muda, sehingga tidak ada alasan bagi generasi bangsa untuk tidak berkarya dan berani mewujudkan mimpinya.
Berkarya dalam tataran Astra tidak dalam lingkup yang kecil dan ecek-ecek saja, tidak dalam sekedar wacana ataupun opini semata, tidak tentang mencari popularitas dan support dari berbagai kalangan yang sifatnya pencitraan. Tetapi, setiap karya yang muncul adalah hasil dari persiapan dan perencanan yang matang. Salah satu bukti kongkrit adalah keluaran biker dari binaan Astra Honda Motor Racing yaitu Dimas Ekky dan Andi Gilang, keduanya telah mengharumkan nama Indonesia pada perhelatan internasional dari berbagai negara dibelahan dunia dengan ikut berkompetisi di moto3 pada CEV Championship International.
Untuk itu, saya berpendapat bahwa
Astra lahir dari sebuah meja kerja yang kecil dengan konsep yang sempurna untuk
tekad yang besar. Dan, hari ini menjelang usia 60 tahun, Astra menawarkan
tentang perubahan dalam mewujudkan mimpi anak muda Indonesia, menjadikan mimpi
tak sekedar mimpi.
0 komentar:
Post a Comment