MAKALAH
PSIKOLOGI
PENDIDIKAN
“Pengaruh
Tiap Individu dalam Belajar Kelompok Terhadap
Hasil Belajar pada Mahasiswa
PTIK 03 2013”
Oleh :
Nurhidayatullah
1329040116
PENDIDIKAN
TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER
PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2016
KATA PENGANTAR
BismmillahirrahmanirrahimPuji Syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia_Nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita masih bisa bernafas dan beraktivitas sesuai keseharian kita masing-masing. Semoga pencapaian kita pada hari ini membuat kita semakin bersyukur dan menyadari sebatas mana kemampuan seorang manusia dalam bertindak.
Ucapan
terbaik untuk manusia terbaik yang pernah ada didunia ini yaitu Nabi Muhammad
SAW yang telah menunjukkan lalulintas keselamatan bagi seluruh umat manusia
dalam menjalani kehidupan penuh makna. Oleh karena itu, penulis menyadari
adanya kesempurnaan bagi maha pencipta segala macam aspek kehidupan tanpa
terkecuali, dan manusia hanyalah mampu berencana atas kesempurnaan-kesempurnaan
yang ingin dicapainya.
Dalam
penulisan makalah yang berjudul “Pengaruh
Tiap Individu dalam Belajar Kelompok Terhadap Hasil Belajar pada Mahasiswa PTIK
03 2013”, penulis merencanakan sebuah kesempurnaan dalam penulisannya.
Namun, sebagai manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan, tentunya
mengharapkan saran dan kritikan yang sifatnya mendukung guna perbaikan tulisan
selanjutnya yang lebih baik.
Semoga pembaca dapat mencerna dan
merasakan sensasi dari makalah ini. Terima Kasih.
Wassalamualikum
Wr. Wb.
Penulis
Nurhidayatullah
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pembelajaran
merupakan salah satu proses yang dilakukan seorang individu untuk meningkatkan
kualitas dan kuantitas pengetahuannya dalam menambah khasanah kelimuannya.
Seorang individu peserta didik dalam belajar cenderung berusaha mencari suasana
terbaik yang digunakan agar pelajaran yang didapatkan bisa dengan cepat
dipahami. Proses belajar yang dilakukan tentunya bermacam-macam dan dengan
suasana yang berbeda-beda. Seperti halnya ketika peserta didik belajar secara
privat pada mentornya, otodidak ataupun berlompok.
Pola pembelajaran yang sering dilakukan seorang siswa
tentunya berkonotasi pada hasil belajar siswa. Terutama dalam hal pembelajaran
dengan menciptakan suasana kelompok belajar. Kelompok belajar tersebut adalah
suatu proses pembelajaran yang dilakukan secara bersama-sama berdasarkan arahan
dari seorang guru. Seperti yang dikemukakan Suprijono (2010) menyatakan bahwa “Model pembelajaran kooperatif adalah konsep yang lebih luas
meliputi semua jenis kerja kelompok termasuk bentuk-bentuk yang dipimpin oleh
guru atau diarahkan oleh guru”.
Model pembelajaran dengan belajar kelompok (Cooperative Learning) merupakan sebuah
metode yang dirancang agar peserta didik agar lebih termotivasi untuk belajar
secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama sesuai istruksi dari
pendidik. Hal ini selaras dengan pernyataan Slavin
Isjoni (2011) bahwa “In
cooperative learning methods, students work together in four member teams to
master material initially presented by the teacher” yang
berarti bejara kelompok dapat merangsang peserta didik untuk lebih bergairah
dalam mengerjakan tugas atau pelajaran yang diberikan oleh seorang guru.
Download File Lengkap disini
Jika laman tidak muncul, komentar dengan melampirkan E-mail di Kolom komentar untuk dikirimkan filenya.
0 komentar:
Post a Comment